Pemimpin itu Bertanggungjawab

Published February 5, 2017 by Billy Boen | Category : ENJOY MY NOTES

Hi YOTers,

Saya selalu meng-encourage tim saya untuk DO IT. Jangan cuma kasih ide, tapi ngga berani ngelakuinnya. Ngga perlu takut salah. Kalaupun salah, hasilnya ngga bagus, selama ketika melakukannya dengan usaha semaksimal mungkin, saya ngga akan marah. Yang penting, dipelajari kesalahannya, supaya next time ngga terulang lagi. Supaya next time, hasilnya bagus.

Tapi, kalau salah, bukan cuma minta maaf. Mau di karir, di bisnis, ataupun di pertemanan, kalau salah, memang step pertama adalah mengakui kesalahannya dan minta maaf. Tapi, apakah lantas selesai sampai di situ? Ngga!

Penting untuk dilakukan adalah memperbaiki kesalahan tersebut. Jadi kalau misal kamu menjanjikan target Rp1M, tapi yang tercapai hanya Rp100juta, bukan lantas cuma bilang “Maaf, Pak. Targetnya ngga tercapai”, tapi berusaha ratusan kali lebih keras untuk bisa mencapai apa yang dijanjikan diawal. Kalau janji diawal mobile app kamu akan didownload 100,000 orang, ternyata 10,000 download aja ngga nyampe, jangan cuma minta maaf. Jungkir baliklah untuk sampe itu bisa tercapai.

Dan, kalau kena teguran dari atasan, jangan cengeng. Jangan langsung give up. Jangan punya mental tempe. Minta maaf, pelajari kenapa-kenapanya, minta masukan, minta bantuan (jangan sok dan kepedean bisa sendiri.. apalagi kalo udah terbukti belum sanggup), dan jungkir balik untuk perbaiki diri, perbaiki sistem supaya bisa mencapai apa yang dijanjikan diawal.

Semoga bermanfaat. See you ON TOP!

Billy Boen

Twitter: @billyboen
Facebook: fb.com/billyboenyot
Instagram: @billyboenyot

Join Connext di www.youngontop.com/connext, untuk yang mau tanya2 (khusus member Connext) di www.youngontop.com/forum di kanal #AskBillyBoen (hanya baru akan terlihat ketika kamu login sebagai member Connext).

Nantikan selalu #smartYOTradio live setiap hari Rabu jam 20.00-21.00 WIB di seluruh jaringan Smart Fm dan Radio Sonora di 21 kota. Info frekuensi, cek di instagramnya @youngontop.

No comments yet

Leave a Reply