Profile

Nama Lengkap
Billy Boen
Lahir
13 Agustus 1978
Jakarta, Indonesia
Pekerjaan
Situs Resmi
http://youngontop..com http://billyboen.com

Billy Boen (lahir di Jakarta, 13 Agustus 1978; umur 31 tahun) adalah pengusaha asal Indonesia. Pada usia yang relatif muda, Billy (panggilan Billy Boen) telah menjadi pimpinan di beberapa perusahaan. Pada 2005, ketika usianya baru 26 tahun, Billy dinobatkan menjadi General Manager PT Oakley Indonesia. Ia menjadi GM Oakley termuda di dunia kala itu. Pada akhir 2006, bersama Rudhy Buntaram, pemilik Optik Seis, Billy kemudian mendirikan Jakarta International Management (JIM) dan Jakarta International Consulting (JIC) pada akhir 2009. Sekarang, Billy yang merupakan lulusan Utah State University dan State University of West Georgia di Amerika Serikat ini adalah partner dan Presiden Direktur Rolling Stone Cafe Jakarta.

April 2009, Billy menulis buku berjudul “Young On Top” yang diterbitkan oleh GagasMedia. Di 5 bulan pertama, buku itu pun dicetak ulang sebanyak lima kali. Di dalam buku tersebut, Billy menuliskan 30 kunci sukses di usia muda.

KARIER
Billy Boen adalah pengusaha asal Indonesia. Ia menyelesaikan pendidikan S-1 bidang manajemen dari Utah State University (USU), Amerika Serikat, hanya dalam waktu 2 tahun 8 bulan, mulai 1996 hingga 1999. Dalam periode itu juga, Billy menjadi Presiden PERMIAS (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat) di kampusnya. Ia juga bergabung dengan persatuan mahasiswa di USU yang bernama Sigma Chi. Billy meneruskan studinya ke State University of West Georgia untuk gelar MBA. Studi S-2 ini ia tempuh dalam tempo setahun dengan predikat kelulusan cum laude, di usia 22 tahun. Seusai lulus, ia memutuskan untuk pulang kembali ke Indonesia.

Dengan prestasi seperti ini, sepulang ke Tanah Air dan bergabung dengan PT Berca Sportindo, yang saat itu adalah distributor tunggal Nike di Indonesia. Posisi awalnya sebagai Asisten Manajer Lini Produk Divisi Footwear. Setahun kemudian, ia naik pangkat menjadi manajer di divisi yang sama. Setengah tahun berikutnya, ia dipromosikan menjadi manajer (yang lebih senior) untuk semua divisi: footwear, apparel, aksesoris, dan perlengkapan. Setahun berselang, ia menempati pos Manajer Penjualan & Pemasaran Nike (korporat), dipercaya untuk mendatangkan merek Umbro ke Indonesia, dan menciptakan merek League dari nol. Semuanya ini ia jalankan di bawah naungan PT. Berca Sportindo.

Tahun 2005, Billy mencoba untuk menantang dirinya dan memberanikan diri untuk bergabung dengan Oakley Indonesia yang berkantor pusat di Bali. Saat itulah, Billy yang kala itu baru berusia 26 tahun menjabat sebagai General Manajer (GM). Ia menjadi orang nomor satu merek keren asal Amerika Serikat tersebut. Ia menjadi General Manager Oakley termuda di dunia saat itu. Hanya dalam tiga tahun, Billy berhasil menaikkan penjualan Oakley hingga hampri tiga kali lipat (280%). Karyawannya pun bertambah, dari 80 menjadi 240 orang.

Pada 2008, saat berusia 29 tahun, ia diminta untuk bergabung di Grup MRA (Mugi Rekso Abadi), dengan jabatan sebagai Kadiv. F&B. Saat itu, Billy membawahi tiga entitas bisnis milik Grup MRA, yakni Hard Rock Cafe Jakarta, Hard Rock Cafe Bali, dan Haagen-Dazs, dengan total lebih dari 500 karyawan.

Bersama Rudhy Buntaram, pemilik Optik Seis, Billy mendirikan Jakarta International Management (JIM) pada Desember 2006. JIM bertujuan melayani semua kebutuhan di industri fashion. JIM sendiri memiliki beberapa divisi, yakni: agensi model (JIM Models), manajemen artis (JIM Artists), fashion event organizer (JIM Events), fotografi (JIM Photography), modeling school yang bekerja sama dengan FashionTV Indonesia (JIM-f Performing Academy), dan manajemen pembicara (JIM Executives).

Saat ini Billy adalah CEO PT. YOT Nusantara, dan salah satu pemegang saham Rolling Stone Cafe Jakarta. Ia baru membuka De’HUB Jakarta, sebuah tempat yang berada di Thamrin City (Jakarta Pusat) yang ditujukan untuk tempat berkreasinya berbagai komunitas anak muda Indonesia. Tempat ini ia dirikan bersama seorang musisi/entrepreneur, Piyu (Padi).

 

BUKU SERIAL “YOUNG ON TOP”
April 2009, ketika usianya 30 tahun, Billy menerbitkan sebuah buku berjudul “Young On Top”. Buku ini ia selesaikan dalam waktu dua setengah tahun, dan menjadi Best Seller selama beberapa tahun. Secara umum, buku ini ditujukan kepada anak-anak muda untuk bisa meraih kesuksesannya di karir pada usia muda, baik di dalam pekerjaannya atau di dunia bisnis.

Di awal tahun 2011, Billy kembali menuliskan hasil interviewnya dengan orang-orang TOP di Indonesia di program radio “Young On Top Live”. Bukunya yang juga menjadi Best Seller ini berjudul “TOP Words”. Yang diangkat di dalam buku ini adalah pemikiran, karakter, dan nilai-nilai yang dimiliki oleh orang-orang tersebut hingga mereka bisa mencapai puncak karirnya.

Pada bulan Juli 2011, Billy merampungkan hasil-hasil tulisannya yang telah di publikasikan di berbagai media digital: www.billyboen.com, www.kickandy.com, dan di forum Young On Top Kaskus Community: yotkc.kaskus.co.id dalam sebuah buku yang berjudul “Hidupkan Suksesmu”. Tulisan-tulisan hasil pemikiran Billy pada umumnya ‘outside the box’ dari kebanyakan orang. Harapannya tetap sama, yaitu untuk menginspirasi anak-anak muda Indonesia untuk bisa meraih sukses di usia muda.

Pada bulan Oktober 2012, bersamaan dengan acara tahunan Young On Top National Conference 2012, diluncurkan kembali buku berjudul “Young On Top – New Edition”, dimana isi buku ini merupakan pembaharuan tulisan dan pemikiran Billy dari buku “Young On Top” yang pernah ditulis pada tahun 2009. Dalam buku yang telah ditulis lebih lengkap dan diterbitkan kembali oleh penerbit Bentang Pustaka pada tahun 2012 silam, Billy memberikan 35 kunci sukses di usia muda. Beberapa contoh diantaranya adalah untuk menjadi seseorang yang mengetahui apa passionnya, berani bermimpi, berpikiran terbuka dan positif, tepat waktu, tidak pernah putus asa, dan selalu bertindak lebih dari biasanya.

Pada bulan Juni 2013, Buku “TOP Words” kembali diterbitkan bersamaan dengan “TOP Words2” oleh Penerbit Bentang Pustaka. Di kedua buku ini, Billy Boen berbagi kisah inspiratif dari beberapa tokoh sukses di Indonesia dan mereka adalah anak-anak bangsa yang telah memiliki kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia. Kedua buku ini diharapkan mampu memberikan inspirasi bagi generasi muda Indonesia agar mampu melakukan hal-hal positif bagi lingkungan sekitarnya dan sikap optimis sehingga ruang untuk berkarya menjadi semakin luas dan banyak.

 

PENGEMBANGAN “YOUNG ON TOP”
Berawal hanya dari sebuah buku, Young On Top (YOT) kemudian berkembang menjadi sebuah rangkaian YOT Campus Roadshow. Sejak September 2009 hingga saat ini, Billy sudah mengunjungi puluhan kampus di Indonesia, mulai dari Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Trisakti, Tarumanegara, Universitas Udayana, Universitas Diponegoro, dan masih banyak lagi.

Di bulan November 2009, Billy pun memulai program radio mingguannya di KIS 95.1fm yang kalau itu diberi nama “Young On Top Live”. Selama 2 tahun berjalan, Billy sudah berbagi pemikiran dengan para tamu yang diundangnya. Mereka yang dipilih oleh Billy untuk hadir di program radio ini adalah mereka yang telah sukses di bidangnya masing-masing. Mereka adalah CEO, Direktur, GM, hingga entertainer sukses. Tanpa mendiskreditkan yang tidak dapat disebutkan, yang pernah hadir di program ini antara lain: Lisa Luhur (President Director Media Indonesia), Michael Riyadi (CEO St. Moritz, Lippo Group), Megain Widjaja (Founder Focus Media Indonesia), Yoris Sebastian (CCO OMG Creative Consulting), Djonnie Rahmat (President Director Mabua Harley Davidson), Todung Mulya Lubis (Pengacara), dan masih banyak lagi.

Pada bulan January 2012 ini, program radio mingguan ini pindah ke Sindo Radio (104.6fm Jakarta) dan disiarkan secara live di 18 kota di seluruh Indonesia, juga lewat jaringan Indovision channel 500, dan live VIDEO streaming di www.sindoradio.com. Tamu perdana di Sindo Radio yang merupakan bagian dari MNC Networks, Billy mengundang Andy F. Noya (Host Kick Andy). Tamu-tamu berikutnya adalah Rudi Soedjarwo (Sutradara), Ken Dean Lawadinata (CEO Kaskus) dan Nina Moran (Founder GO Girl! Magazine), Ichsan Fauzi (Senior Economist Standard Chartered Bank), dan masih banyak lagi.  Rencana di awal bulan Oktober 2013, acara YOT Radio akan kembali disiarkan melalui Global Radio (88.4 FM Jakarta & 89.7 FM Bandung)

Young On Top Campus Ambassadors (YOT CA) adalah program mentorship yang dibentuk oleh Billy Boen pada bulan Juli 2010, terinspirasi oleh buku“Young On Top” yang ditulisnya. Karena karakternya yang selalu ingin menantang dirinya sendiri untuk berbuat lebih, Billy berharap  kunjungannya ke puluhan  universitas akan mampu menginspirasi mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti seminarnya; namun, hasilnya tidak akan maksimal. Karena mereka hanya akan mendengarkan Billy sharing paling lama 2 jam. Mereka akan terinspirasi,… tapi, apakah mereka akan menjadi individu yang lebih baik, yang lebih siap untuk menghadapi masa depannya? Itulah pertanyaan yang seringkali muncul di benak Billy, dan tidak akan pernah dia jawab.

Karena itulah, Billy bersama beberapa teman-temannya yang  sudah terjun ke dunia kerja, yang tergabung sebagai YOT Mentor, membentuk ‘mentorship program’ secara cuma-cuma kepada mahasiswa-mahasiswi D3/S1 aktif yang ingin mengembangkan dirinya untuk menjadi lebih baik, serta menyebarkan spiritdan value-value yang mereka miliki kepada orang lain.

Berikut adalah YOT Mentor 2013-2014:

- Ricky Setiawan / @onlyricky

- Paulus Panggabean / @paulusHRC

- Mardi Wu / @wumard

- Anggia Silalahi / @AnggiaSilalahi

- Bunga Mega / @bungamega

- Taufan Akbari / @taufanakbari

- Henry Pradipta / @henrypradipta

- Jonathan C. Susanto / @trapjovers89

- Sirly W. Nasir / @sirlywnasir

- Eva Andari / @evaandari

- Yonatan Bhakti / @yonatanbhakti

Di mentorship program inilah, para YOT CA, diberikan banyak pembelajaran, pendewasaan pikiran serta karakter. Mereka pun selama 1 tahun penuh diberikan tugas untuk belajar sebanyak-banyaknya dan juga berbagi untuk orang lain dan lingkungan sebanyak-banyaknya. Itulah mengapa, motto YOT adalah Learn and Share.

Pada tanggal 4 Februari 2012, kembali YOT hadir di media yang baru, kali ini, YOT hadir di sebuah Tv berskala nasional, Metro Tv. Di program mingguan Tv yang berdurasi 30 menit ini, Billy kembali akan menggali nilai-nilai sukses dari para tamunya. Program yang dinamakan “Young On Top” ini mengangkat anak-anak muda Indonesia yang sukses di bidangnya masing-masing. Program ini disiarkan setiap hari Sabtu pukul 13.30 – 14.00 WIB.

YOT pun kini telah menjadi sebuah digital media network:

www.billyboen.com

www.facebook.com/billyboenYOT

  • Twitter: @YoungOnTop

@BillyBoen

Billy juga telah menulis banyak artikel yang telah menginspirasi ratusan ribu, bahkan jutaan pembaca setianya di berbagai media digital, antara lain: www.billyboen.comwww.kickandy.com, dan di forum khusus YOT-Kaskus Community di yotkc.kaskus.com.

Jadi, kini, YOT yang awalnya adalah sebuah buku, kini telah menjelma menjadi sebuah brand, yang meliputi:

  • Rangkaian YOT Campus Roadshow

  • YOT Mentorship Program (free of charge, khusus untuk mahasiswa aktif)

  • YOT Digital Media

  • YOT Tv Program (Metro Tv)

  • YOT Radio Program (Global Radio)

  • YOT Twitter Community : @YOT(kota) tersebar di 39 kota di seluruh Indonesia

  • Semangat Baru with Young On Top (rubrik tulisan ½ halaman di Koran SINDO, terbit setiap hari Jumat)

  • YOT Academy (Training Leadershape Program untuk para eksekutif muda/fresh graduate yang akan masuk ke dunia kerja)

  • YOT Publishing (Mutiara Biru – Majalah milik Blue Bird Group)