Tidak Akan Terlupakan

Published August 24, 2012 by Billy Boen | Category : MY ACTIVITIES

 

Sungguh, apa yang saya rasakan detik ini, tidak akan pernah bisa saya utarakan lewat kata-kata. “GRATEFUL… JOYFUL… AMAZED…“, dan, ketiga kata itu, kurang lengkap kalau belum ditambahkan kata “SANGAT”. Begini ceritanya:

Saya ngga ingat, kapan terakhir kali saya excited ketika akan ulang tahun. Ya, saya merasa ulang tahun itu ngga se-exciting Natal untuk saya. Entah kenapa. Mungkin kalau Natal, dirayakan oleh banyak orang, banyak film-film yang bertemakan Natal. Sedangkan, kalau ulang tahun, yang ngerayain kan cuma kita sendiri. Teman-teman yang datang, ya karena diundang…

Jadi, setiap tahun, saya selalu ngga pernah excited. Malah kadang suka jadi kepikiran, mau rayain di mana ya kali ini? Siapa aja ya yang mesti diundang?

Awal Juli lalu, saya diajak oleh orang tua saya ke suatu yatim piatu di Bekasi. Ketika saya nanya, “Mau ngapain?”, my Mom bilang, “Mom dan Dad ada tradisi, untuk setiap ada anggota keluarga yang ultah, Mom dan Dad mau nyumbang ke yatim piatu.”

Karena itulah, entah tepatnya kapan, terlintas di benak saya, bahwa saya mau rayain ultah kali ini beda dari 32 perayaan ultah saya sebelumnya. Ketika kecil, setiap kali ultah, hampir selalu dirayain di rumah. Ketika beranjak dewasa, ntraktir teman-teman di restoran. Ketika sudah kerja, ntraktir teman-teman dan keluarga di restoran, dan party di café bareng teman-teman.

Tahun ini, saya ingin sekali untuk ngerayain ultah saya bersama keluarga, teman-teman dekat, dan Young On Top Campus Ambassador di panti asuhan, atau di sebuah yayasan yang membutuhkan bantuan. Apa yang menguatkan keinginan saya ini? Ada 3 hal:

1. Karena saya saat ini sedang tidak membutuhkan apa-apa, oleh sebab itu, saya ingin untuk tidak menerima kado apapun <- Bukannya saya tidak menginginkan apapun loh. Kalau soal keinginan, banyak. Tapi kalau untuk kebutuhan, saya bersyukur saat ini saya berkecukupan
2. Dengan alasan itulah, saya justru ingin dikesempatan ini, berbagi untuk mereka yang membutuhkan
3. Namun, karena saya adalah tipe yang selalu berusaha melakukan lebih dari apa yang saya mampu. Daripada hanya menyumbang dari apa yang saya miliki untuk mereka yang membutuhkan seperti yang dilakukan oleh my Mom dan Dad, saya mencoba untuk ‘take it to the next level’. Saya mencoba untuk ‘nodong’ teman-teman saya untuk juga menyumbang di kesempatan ini <- Saya sadar bahwa banyak teman-teman saya yang mampu untuk menyumbang, namun karena kesibukannya mungkin tidak pernah terpikirkan. Atau, kalaupun terpikiran, ngga tau mau nyumbang ke mana. Atau, kalaupun tahu ingin nyumbang ke mana, rasanya berat untuk kalau harus nyumbang dengan nominal yang besar.

Ketika saya sampaikan ide ini ke beberapa teman. Semua mendukung. Iwan Setyawan, pengarang buku best seller “9 Summers 10 Autumns” berpesan bahwa pemikiran ini harus diinfokan ke banyak orang. Ketika saya kenapa, dia malah nanya ke saya, “Ada berapa YOT CA sekarang ini?” Saya bilang, “Ada 81”. Dia bilang, “Bayangkan kalau banyak orang terinspirasi dari ide ini. Setiap ultah, bukan hura-hura, tapi berbagi untuk yayasan/yatim piatu. Atau paling tidak, kalau ke-81 YOT CA melakukan hal yang sama. Setahun ke depan setidaknya ada 81 yayasan/yatim piatu yang terbantu!”

Saya sempat ragu untuk membuat acara ini sebagai perayaan ultah saya. Siapa saya? Saya mau lakukan ini untuk ke-3 hal di atas, dan sempat takut kalau banyak yang mengritik saya. Tapi,… saya kembali sadar bahwa saya memiliki prinsip dalam bekerja, “Ngga usah mikirin orang lain mau ngomong apa. Kalau niat kita tulus,… do it!”

Persiapan

Saya pun meminta tolong my Personal Assistant yang juga adalah Mentor di Young On Top Mentorship, Henry Gerson untuk menjadi Project Manager untuk ide ini. Dengan cekatan, Henry membentuk panitia untuk acara ini.
Salah satu rekening BCA saya pun dikosongkan, untuk keperluan acara ini. Lewat social media twitter @youngontop, kami mengajak follower twitter kami yang berjumlah 18,000 orang untuk menyumbang. Kami malah bilang, “Berapapun juga kami terima. Rp. 5,000,- sekalipun!”

Thank GOD, karena telah membukakan pintu hati banyak orang, sehingga ketika sumbangan ditutup tanggal 10 Agustus, jumlah totalnya Rp.17+ juta!!! I am GRATEFUL & AMAZED.

Kami menunjuk Yayasan Dulur Salembur (YDS) di Jatibening sebagai salah satu yayasan yang akan menerima sumbangan ini. YDS ini adalah sebuah yayasan yang memiliki sekitar 15 anak yatim, dan mengayomi 93 anak-anak dari TK hingga SMU. Objektif mereka adalah agar mereka ini semuanya memiliki pendidikan hingga tingkat SMU. Saat ini, mereka sedang membangun lantai 2 dan 3 rumah tersebut sehingga kedepannya, mereka mulai bisa menampung anak-anak yang mau tinggal di rumah tersebut.

Ucapan HBD

Sejak sebelum 00.00, saya menerima ucapan “Selamat Ultah” lewat bbm, sms, dan twitter (saya belum buka facebook: Billyboen & BillyboenYOT).

Ketika saya bangun pukul 07.30 tadi pagi, ucapannya makin banyak. Saya dihadapkan oleh 2 pilihan: membalas satu per satu, atau nanti aja di twitter dan facebook bilang, “Thank you atas ucapan kalian.” Hanya butuh sekitar sekian detik, saya memutuskan untuk membalas ucapan tersebut satu per satu. Tapi caranya beda dari kebanyakan orang. Saya memilih untuk mengirimkan Direct Message (DM) di twitter, ke setiap follower yang memberikan ucapan HBD ke saya. Kenapa? Karena:
1. Saya ngga mau ‘nyampah’ di timeline @Billyboen, hanya bilang “Thank You”.
2. Kalau saya Reply Tweet, berarti semua follower saya bisa baca. Saya ngga mau ‘minta’ untuk diselamatin Ultah

Kalau ada yang tidak saya DM karena kelewatan, maaf. Ada beberapa yang tidak bisa saya DM, karena mereka tidak follow saya. Percaya deh, saya sangat berterima kasih atas ucapan kalian.

Jadi hampir seharian penuh saya ngeliatin layar BB saya (tiap hari juga gini sih), untuk bales-balesin sms, bbm, dan twit teman-teman yang ingat dan ngucapin HBD beserta wishesnya. I am GRATEFUL.

Panti Asuhan

Setelah salah ambil jalan setelah keluar tol Jatibening, saya dan keluarga (istri dan anak) masih sampai di Yayasan Dulur Salembur (YDS) pukul 16.30. On time karena menurut program acara, dimulainya pukul 17.00.

Di sana sudah ada banyak panitia dan YOT CA yang hadir. Ngga lama setelah itu, my Dad dan Mom datang. Setelah itu Berry (kakak) dan Cathalia (kakak ipar) juga sampai di tempat. Teman-teman saya pun berdatangan, ada Hary Kurniawan (Managing Director Target Inc. SEA yang pernah hadir di #YOTradio), Yonatan Bhakti (Health Mentor YOT), Yance Muchtar (Station Manager Lite 105.8fm) beserta istri, juga Ricky Setiawan (Program Mentor YOT) dan Santy Effendy (fiancenya Ricky), dan Taufan Akbari (Program Mentor YOT).

Acara benar-benar dibuka pukul 16.58! Di kata sambutan yang saya sampaikan, saya bilang bahwa saya AMAZED bahwa acara ini bisa on time! Bahagia bisa lihat banyak anak-anak yang antusias didatangi kakak-kakak mahasiswa. Oh ya, anak-anak yang rata-rata duduk di bangku TK dan SD itu ngga setuju ketika saya minta dipanggil “Kakak”. Mereka langsung teriak, “OOOOOOMMMMM”.

Saya juga sampaikan tujuan inisiatif ini, seperti yang saya jelaskan di atas. Saya berharap akan banyak YOT CA yang kalau ultah, bukan hura-hura… merayakan boleh-boleh saja, tapi jangan lupa untuk menyisihkan sedikit untuk orang lain.
Ketua Umum YDS juga memberikan kata sambutan. Diikuti Ustad Rahmat, yang kebetulan masih muda banget. Entah ini kebetulan, atau memang sudah diatur… biar pas, karena ini adalah acara #YOTBerbagi. He he

Sejak tajil dibagikan, saya sempat stress karena baru ada 80 nasi bungkus yang sampai. Padahal saya pesan 200 nasi bungkus! Grace, PIC untuk konsumsi pun sempat saya tegur lewat bbm. Dia bilang bahwa dia harus ke MacDonald karena Amy (istri Seno drummer Audiojet) ngga menyanggupi untuk datang. Sempat mau naik darah, tapi saya tahan.

Suasanya menjadi lebih meriah ketika tajil dibagikan. Setelah itu mereka Sholat, dan jam 18.40 pun nasi bungkus dibagikan. Untung semuanya sudah datang. Panasnya suhu di ruangan tersebut tidak menyurutkan kebahagiaan kami semua. Penuh canda tawa, penuh keceriaan.

Karena nasi bungkus yang kami order masih tersisa banyak, secara serempak mereka nanya, “Om Billy, boleh ngga makanannya untuk besok kita Sahur?” Karena memang tidak ada rencana untuk membawa pulang kelebihan makanannya, saya langsung bilang, “Boleeeehhh”.

Setelah semua selesai makan, saya diberi kesempatan untuk secara simbolis memberikan sumbangan ke Ketua Umum YDS. Sembako yang kami beli memang sudah diserahkan dari siang tadi, jadi simbolisnya adalah 2 buku “Young On Top”, 2 buku “TOP Words”, dan 2 buku “Hidupkan Suksesmu”. Berharap, ketiga buku ini akan bisa menginspirasi ke-93 anak-anak yang diasuh oleh YDS. Amin.

Hingga akhirnya menjelang foto bersama, ada seseorang yang bertanya, “Siapa yang punya mobil silver?” Saya bilang, “Saya, kenapa?” Orang tersebut bilang, “Kaca sebelah kananya ada yang mecahin.” Saya pun bergegas ninggalin ruangan dan menuju tempat parkir, ditemani Yonatan. Sambil berjalan, banyak yang terlintas di pikiran saya… saya panik karena saya meninggalkan laptop saya di mobil.

Ketika sampai di tempat parkir yang gelap, dan memang sepi… saya menghampiri mobil saya. Ketika saya lihat, koq kacanya ngga kenapa-napa. Saya sempat mencoba mencari mana orang yang bilang kaca mobil saya ada yang mecahin. Ngga ketemu. Sampai akhirnya dari kejauhan, ada segerombol anak-anak muda iseng yang membawa kue dan lilin yang telah menyala, sambil menyanyikan lagu “Happy birthday to you, happy birthday to you, happy birthhhhdayyy, happy birthdayyyy, happy birthday to you!”

Saya pun lemas tapi lega. Yes, I got punked! Saya dikerjain! Saya memejamkan mata, kemudian membuat wish. Wishnya apa? Ngga jauh-jauh, untuk YOT (termasuk untuk mereka yang ngerjain saya!) ha ha … tenang, yang baik-baik koq!
Setelah kami jalan balik ke rumah YDS, kembali nyanyian “Happy Birthday” dilantunkan oleh sahabat-sahabat saya. Senang rasanya…

Acarapun ditutup dengan acara foto bersama…

GRATEFUL – JOYFUL – AMAZED

Saya grateful karena #YOTBerbagi bisa terlaksana.
Saya joyful karena sungguh, ternyata merayakan ultah dengan memberi lebih bermakna daripada hanya sekedar menerima kado (materi).
Saya amazed, karena #YOTBerbagi bisa dilaksanakan oleh panitia YOT, yang diketuai oleh Henry Gerson. Meski persiapannya boleh dibilang hanya dalam waktu kurang dari 3 minggu. Dan, saya amazed karena ternyata anak-anak YOT CA ini sudah pada mulai berani ngerjain saya (soal nasi bungkus yang kurang, dan soal kaca mobil saya yang dipecahin)! Dan, berhasil pula! Awas loh ya…

Moral of The Story

Saya nanya ke James (anak saya), “What have you learned today, James?” James bilang, “We can still be happy while giving to others.” Kenapa James bilang begitu? Karena pada umumnya, orang merasa bahagia ketika menerima, bukan ketika memberi. Namun, hari ini James melihat betapa happy-nya saya. Inilah dasar dari apa yang disampaikan James.

Harapan saya: Semoga semakin banyak kaum muda Indonesia yang merayakan ultahnya di yayasan/yatim piatu. Atau, setidaknya menyisihkan sedikit uangnya untuk disumbangkan setiap kali ultah. Rp.5,000,-? Kalau memang itulah nominal yang kamu mampu, DO IT! Rp.5,000,- lebih baik daripada NOL.

Let’s SHARE!

Thanks untuk my Mom & Dad yang menginspirasi saya sehingga kepikiran untuk melakukan hal ini untuk ultah saya tahun ini (dan tahun-tahun kedepan). Juga kepada semua yang tergabung di YOT, yang telah #MakeItHappen, serta kepada sahabat-sahabat saya yang hadir maupun yang berhalangan hadir

Last but not least, kepada SEMUA PENYUMBANG! Ini bukan acara #YOTBerbagi yang terakhir, semoga kami akan terus mendapatkan support dari teman-teman semua. Amin.

God Bless You all!

Billy Boen

No comments yet

Leave a Reply