Pentingnya Growth Mindset

#BBCNote48

Kalo kamu google “Growth Mindset”, kamu langsung bisa ngerti apa maksudnya. Jadi di tulisan ini, saya ngga akan jabarin lagi apa artinya. OK deh… sedikit aja: intinya, Growth Mindset itu punya kebiasaan untuk mengembangkan pikiran kita, mau belajar terus, mau menantang diri terus, mau berkembang terus, ngga skeptis, ngga belom apa-apa udah bilang susah atau ngga bisa duluan.

Contoh gampangnya: Dikasih kerjaan yang tanggung jawabnya besar…

Orang yang punya Growth Mindset mikirnya, “Oke, seru nih. Gua harus gimana untuk bisa capai target yang ditentukan. Ngga gampang, tapi gw harus bisa belajar secepet-cepetnya. Nanya ke si A, si B, riset di internet ah.”

Orang yang punya Fixed Mindset mikirnya, “Wah, susah nih kerjaannya. Gua pernah tau ada orang yang pernah dikasih kerjaan ini dan gagal. Dulu kan udah pernah dicoba dan gagal, kenapa sekarang dikasih kerjaannya ke gua?”

Jelas bedanya kan ya?

Nah, saya beruntung bahwa saya termasuk yang dari kecil udah dididik sama orang tua saya untuk punya Growth Mindset. Saya tau saya punya mindset ini juga setelah istilah “Growth Mindset” ngetop sih. Dulunya ya cuma tau bahwa saya selalu diarahkan untuk terus muter otak, untuk terus belajar, sampe ketemu cara ngerjain dan capai targetnya.

Setelah jadi karyawan di korporasi sejak April 2001 hingga Oktober 2009, dan memulai bisnis sendiri dari nol sejak November 2009 hingga sekarang… saya semakin sadar bahwa ternyata yang saya belom tau itu banyak banget. Sekarang saya juga pimpin Kejora-SBI Orbit Fund (VC), handle $30 juta (sekitar Rp450 M), saya pun masih harus belajar ribuan hal baru. Perspektif saya di brand, di manajemen, di operasional… harus di-fine tuning supaya bisa jadi venture capitalist yang hebat. Ngga semua sudut pandang yang saya punya salah, tapi ada. Di sinilah pentingnya (dan saya beruntung) untuk punya Growth Mindset. Saya belajar banyak dari tim saya di Orbit, dari foundernya Kejora Capital, juga dari para portfolio yang akan dan sudah diinvest oleh Orbit Fund.

Kalau kamu belum ngerasa kamu punya Growth Mindset, mulai latih diri kamu. Coba cari buku-buku tentang ini, dan baca. Juga coba riset di internet tapi pastikan dari sumber yang terpercaya dan kredibel ya, biar ngga sesat. Trust me, orang yang super sukses di luar sana, mindsetnya “Growth”, bukan “Fixed”. Itulah kenapa mereka bisa terus berkembang, bisa gedein perusahaannya.

See You ON TOP!

Billy Boen

Twitter: @billyboen | IG: @billyboenYOT | Linkedin: Billy Boen

5/8/2021

***Dilarang untuk mengutip keseluruhan maupun sebagian dari BBCNotes yang saya tulis tanpa ijin tertulis dari saya untuk ditulis/diposting di manapun